Kamis, 22 Maret 2012

Skema Rangkaian Protektor Speaker

Rangkaian protektor speaker, rangkaian ini akan menghubungkan speaker ke output power amplifier hanya beberapa detik setelah penguat diaktifkan ON, sehingga pembicara tidak menerima suara meledak muncul oleh tegangan tinggi dan Anda tidak akan mendengar  suara gedebuk keras dari speaker ketika penguat diaktifkan. Hal ini sangat berbahaya bagi pembicara.
Pengeras suara ( loud speaker atau speaker) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran.
Dalam setiap sistem penghasil suara, pengeras suara merupakan penentu kualitas suara. Rekaman yang baik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan tape deck dan pengeras suara kelas atas, akan menghasilkan suara dengan kualitas rendah bila dikaitkan dengan pengeras suara yang kualitasnya rendah.
Sistem pada pengeras suara adalah suatu komponen yang meggubah kode sinyal elektronik, dalam penyimpan kepingan CD, pita magnetik tape, dan kepingan DVD, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Pengeras suara adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita, namun sebenarnya pengeras suara hanyalah sebuah alat yang sederhana.
Gambar Skema Rangkaian Protektor Speaker
Ketika penguat dinyalakan  pada jembatan D1 juga akan mendapat tenaga melalui saklar penguat daya. Kapasitor C1 menyaring output dari penyearah jembatan D1. Ketika saklar listrik dibuat ON, transistor Q1 akan diaktifkan ON hanya setelah kapasitor C2 cukup dibebankan (0,7 V) melalui resistor R1. Berikut nilai C2 dan R1 begitu dipilih bahwa penundaan waktu sekitar 2 detik. Jadi relay akan diaktifkan hanya setelah beberapa detik penguat diaktifkan ON dan sampai saat itu pembicara akan disimpan terisolasi dari audio output penguat sebagai pembicara terhubung ke output penguat melalui kontak N / O relay. Selama periode awal keterlambatan output dari penguat akan didasarkan oleh resistor R2 melalui kontak N / C dari relay. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kapasitor memblokir DC pada output penguat dibebankan sebelum terhubung ke speaker.

Gambar Rangkaian Protektor Speaker
Bagi Anda yang ingin mempunyai sound system yang bagus, jangan melewatkan rangkaian protektor speaker.

1 komentar:

  1. terima kasih sudah berbagi artikel yang bermanfaat kami sedang mencari artikel tentang TOA.

    BalasHapus