Kamis, 22 Maret 2012

Rangkaian Alarm Pintu Laser

Rangkaian Alarm Pintu Laser. Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi. Pancaran laser biasanya tunggal, memancarkan foton dalam pancaran koheren.
Kali ini kita akan mencoba menggunakan Laser sebagai alarm pintu. Rangkaian Alarm Pintu Laser  ini berdasarkan gangguan sinar Laser. Sebuah pointer Laser bernilai rendah digunakan sebagai sumber sinar. Ketika seseorang melanggar jalur laser, alarm akan berfungsi untuk beberapa detik.
Rangkaian Alarm Pintu Laser  memiliki dua bagian. Pemancar laser adalah penyedia pointer Laser. Ini harus didukung dengan 3 pasokan DC volt dan tetap pada satu sisi bingkai pintu. Penerima memiliki phototransistor di ujung depan. Fototransistor L14F1 NPN Darlington  digunakan sebagai sensor laser. IC1 digunakan sebagai komparator tegangan dengan masukan pembalik yang terkait dengan pembagi potensial R2-R3. Sehingga masukan pembalik disimpan pada setengah tegangan suplai.
Masukan pembalik tidak menerima tegangan variabel berdasarkan konduksi T1. Penerima harus tetap pada bingkai pintu yang berlawanan dan harus sesuai benar dengan sinar laser. Biasanya sinar laser menerangi wajah fototransistor dan bekerja. Hal ini membuat tegangan pada pin 3 lebih rendah dari pin 2 dari IC1.
Akibatnya, output dari komparator masih rendah. LED dan Buzzer tetap mati di bagian ini. Ketika seseorang melewati pintu, sinar laser istirahat dan T1 berhenti bekerja. Kolektor T1 tegangannya naik dan tegangan pada pin 3 dari  komparator naik dan outputnya menjadi tinggi. Ini mengaktifkan LED dan buzzer. Kapasitor C1 membuat basis T2 tinggi untuk beberapa detik bahkan setelah output dari IC1 menjadi rendah lagi. C2 memberikan arus buzzer untuk beberapa detik bahkan setelah T2 mati.
Perhatian : Rangkaian ini berbahaya menggunakan sinar laser. Jangan melihat ke pointer Laser. Rangkaian ini jangan ditempatkan di tempat-tempat yang dapat diakses anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar