Kamis, 22 Maret 2012

Rangkaian Pendeteksi Radiasi

 
Rangkaian Pendeteksi Radiasi. Radiasi adalah pemancaran dan perambatan gelombang yang membawa tenaga melalui ruang atau antara, misal pemancaran dan perambatan gelombang elektromagnetik, gelombang bunyi,gelombang lenting, penyinaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa radiasi bukan hanya radiasi nuklir, tetapi juga radiasi lain seperti gelombang radio, gelombang televisi, pancaran sinar matahari, dan lain-lain.
Semua alat elektronik mengeluarkan sejenis medan elektromagnetik (electromagnetic field atau EMF) yang merupakan salah satu jenis radiasi. EMF adalah jenis radiasi yang non-ionisasi, atau radiasi yang energinya bahkan tidak cukup untuk mengionisasi atom atau mengeksitasi elektron, berbeda dengan radiasi uranium, yang merupakan radiasi ionisasi. Namun, jika pengguna barang barang elektronik tersebut terlalu lama terkena radiasi EMF dari barang barang elektronik akan mempengaruhi terhadap kesehatannya.
Nah,  untuk mengetahui berapa besar atau ada-tidaknya radiasi pada sebuah alat elektronik, kali ini kami ketengahkan Rangkaian Pendeteksi Radiasi.
Rangkaian di atas adalah alat sederhana untuk memeriksa tingkat radiasi dari alat listrik atau elektronik. LED di rangkaian yang akan memberikan pola cahaya berjalan pada saat rangkaian mendeteksi adanya radiasi elektromagnetik dari perangkat. Hal ini dapat mendeteksi radiasi dari komputer atau TV dari jarak 2 meter atau lebih. Kecepatan berjalan cahaya tergantung pada intensitas radiasi. Cahaya berjalan cepat menunjukkan jumlah radiasi yang tinggi dan sebaliknya.
IC CD4033 adalah counter dekade dengan 7 segmen display. Ia memiliki tujuh output untuk menggerakkan LED atau tujuh segmen layar. Input jam (PIN1) dari IC adalah sangat sensitif dan mudah menerima energi dari radiasi elektromagnetik bahkan dari jarak jauh. Keistimewaan dari CD4033 IC dimanfaatkan di sini untuk mengukur intensitas pin reset radiasi. Reset pin 15 dari IC terhubung ke C1 dan R1 untuk mereset IC setelah menyelesaikan  siklus. Maka IC berfungsi terus sampai pulsa masukan berhenti.
Areal
Sebuah kawat panjang kecil dapat digunakan sebagai areal. Sebuah areal teleskopik  dalam radio saku bila digunakan akan memberikan tampilan yang elegan untuk perangkat ini.
Uji
Bawa areal dekat ke TV atau CRT monitor komputer. Semua LED menyala satu per satu memberikan pola berjalan. Kecepatan berjalan cahaya tergantung pada kekuatan radiasi. Menjauh dari monitor. Dengan meningkatnya jarak, mempercepat menurun jalannya cahaya. Akhirnya semua LED berhenti bersinar. Ini adalah titik tanpa radiasi. Periksa semua peralatan listrik dan kabel listrik menggunakan Rangkaian Pendeteksi Radiasi ini dan mencari tahu berapa banyak radiasi yang dipancarkan.

2 komentar:

  1. Artikel yang sangat bagus. Bila bisa membuatnya, pasti kita bisa mendeteksi keberadaan radiasi di sekitar kita. Mohon skema rangkaian pendeteksi radiasinya, Om. Saya tidak bisa mengklik-nya. Mohon bisa dikirim ke kurniawaneffendiputra@gmail.com. maturnuwun.

    BalasHapus
  2. Artikelnya luar biasa,saya ingin sekali membuat rangkaiannya.maaf om kalo bisa sya minta skema rangkaian pendeteksi radiasinya dong?
    terimakasih

    BalasHapus